Keindahan Blue Fire Wisata Kawah Ijen Bondowoso Jawa Timur

Keindahan Blue Fire Wisata Kawah Ijen Bondowoso Jawa Timur – Kawah ijen merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di wilayah jawa timur. destinasi wisata minat khusus ini memang cukup menarik, selain tempatnya yang sangat ekstrim namun perjalanan menuju ke kawah bukan perjalanan yang mudah.

Keindahan Blue Fire Wisata Kawah Ijen Bondowoso Jawa Timur
Apapun halangannya blue fire atau lava biru kawah ijen akan selalu menjadi magnet yang tidak akan pernah berhenti menarik minat wisatawan untuk menikmati keindahannya. Apalagi blue fire kawah ijen merupakan fenomena yang sangat langka dan hanya beberapa saja di dunia.

Lokasi dan rute menuju  blue fire kawah ijen

Lokasi kawah kawah ijen sendiri berlokasi di antara perbatasan 2 kabupaten yaitu kabupaten bondowoso dan banyuwangi. Ada beberapa jalur bila ingin menuju kawah ijen, bisa melewati jalur situbond0 dan jalur yang melewati banyuwangi, Bila posisi kalian berada di malang, maka rute menuju kawah ijen dari kota malang melewati situbondo.

Jalur utara melewati kota situbondo, langsung saja menuju ke arah Sempol (Bondowoso) melewati Wonosari setelah itu perjalanan diteruskan menuju ke Paltuding. Jarak antara Situbondo menuju Paltuding kurang lebih 93 km dan dengan kondisi jalan raya yang mulus, perjalanan bisa ditempuh kurang lebih sekitar 2-3 jam.
Keindahan Blue Fire Wisata Kawah Ijen Bondowoso Jawa Timur
Jalur selatan melewati kota Banyuwangi langsung saja mengambil jurusan ke daerah  Licin yang berjarak sekitar 15 km,  Dari Licin langsung saja ke arah Paltuding yang berjarak sekitar 18 km. Perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan mobil atau kendaraan dengan double gardan.

Perjalanan dari arah banyuwangi memiliki jalur yang jelek dan berlubang-lubang dikarenakan dilewati truk penangangkut belerang setiap hari. tapi perjalanan relatif singkat hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam saja.

Eksotisme blue fire atau lava biru kawah ijen

Keindahan Blue Fire Wisata Kawah Ijen Bondowoso Jawa Timur

Setelah Perjalanan yang melelahkan , para pemburu blue fire kawah ijen akan di hadapkan dengan pendakian dari gerbang utama sekitar 2 jam pendakian. Tapi tenang saja perjalanan lelah akan terbayarkan dengan rombongan para pencari atau penambangbelerang yang selalu ramah menyapa para pendaki.

Sesekali cobalah menyapa atau sekedar bertanya tentang blue fire kawah ijen. Dengan senang hati para penambang akan menjelaskan mengenai beberapa fenomena di kawah ijen. Termasuk sejarah dimana pernah terjadi letupan gas beracun kawah ijen yang pernah merenggut nyawa beberapa penambang belerang tradisional.

Penyebab  lava kawah ijen berwarna biru

Fenomena blue fire kawah ijen merupakan fenomena langka yang terjadi di gunung berapi aktif. Inilah yang menyebabkan hingga kini banyak fotogrefer profesioal yang berlomba lomba menuju ke kawah ijen hanya untuk mengabadikan blue fire kawah ijen.

Keindahan Blue Fire Wisata Kawah Ijen Bondowoso Jawa Timur
Pada umumnya gunung berapi mengeluarkan lahar berwarna merah, tetapi tidak dengan kawah ijen yang mengeluarkan lava biru, fenomena ini disebabkan karena Tekanan gas belerang yang sangat tinggi, Jadi pada saat gas belerang tekanan tinggi terpapar lava dan membakar oksigen maka warna api akan didominasi oleh warna biru yang memiliki suhu lebih dari 600 derajat celcius.

Nahh itulah Keindahan Blue Fire Wisata Kawah Ijen Bondowoso Jawa Timur Silahkan pilih mana yang kalian inginkan untuk dikunjungi dalam berlibur atau refreshing ke Jawa
Timur oh ya baca juga 10 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Kalian Kunjungi.

Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini semoga apa yang admin sampaikan bisa bermanfaat untuk kalian semua dan semoga bisa menjadi salah satu referensi untuk kalian yang sedang merencanakan untuk berlibur ke Jawa Timur.

Add Comment